~Aku Berfikir Maka Aku Ada~

Sabtu, 12 Oktober 2013

Posted by Unknown | File under :
Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan sejarah dan definisi dari Birokrasi, kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang karakteristik dari Birokrasi. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa Birokrasi dimaksudkan sebagai kekuasaan dipegang oleh orang-orang di belakang meja, karena segala sesuatunya telah diatur secara legal dan formal oleh para Birokrat, Birokrat itu adalah sebutan untuk orang-orang yang berada dibelakang meja itu tadi, itu bahasa kerennya "Birokrat"..hehe.. Namun demikian diharapkan pada pelaksanaannya kekuasaan tersebut dapat dipertanggungjawabkan secara moral maupun dihadapan publik dan sejelas-jelasnya karena setiap jabatan diurus oleh orang yang khusus.

Seperti apa yang dinyatakan oleh Blau dan Page, bahwa Birokrasi dimaksudkan untuk melaksanakan tugas-tugas administrasi yang besar. Hal itu hanya berlaku pada organisasi besar seperti pemerintahan, karena organisasi pemerintahan segala sesuatu diatur secara formal, sedangkan pada organisasi kecil hanya diperlukan hubungan informal. Selama ini banyak pakar yang meneliti dan menulis tentang Birokrasi bahwa fungsi staff pegawai administrasi harus memiliki cara-cara yang spesifik agar lebih efektif dan efisien.

Berikut 11 karakteristik dari Birokrasi yang efektif dan efisien :

1. Bekerja sesuai dengan aturan (rule)
2. Tugas yang khusus (spesialisasi)
3. Kaku dan sederhana (rigid & simple)
4. Penyelenggaraan yang resmi (formal) 
5. Pengaturan dari atas ke bawah (hirarkis)
6. Berdasarkan logika (rasional)
7. Tersentralistik (otoritas)
8. Taat dan patuh (obedience)
9. Tidak melanggar ketentuan (discipline)
10. Terstruktur (sistematis)
11. Tanpa pandang bulu (impersonal)

Berikut 8 karakteristik Birokrasi dari Max Waber, saya perkenalkan dulu Max Waber ini dijuluki sebagai "Bapak Birokrasi". Mengapa beliau dijuluki sebagai Bapaknya Birokrasi?? Nanti kita bahas pada artikel selanjutnya. Untuk kali ini saya mau menjabarkan 8 karakteristik Birokrasi yang dibuat-Nya dulu..hehe..

1. Organisasi yang disusun secara hirarkis

2. Setiap bagian memiliki wilayah kerja khusus

3. Pelayanan publik terdiri atas orang-orang yang diangkat, bukan dipilih, dimana pengangkatan tersebut didasarkan pada kualifikasi kemampuan, jenjang pendidikan, dan melalui pengujian.

4. Pelayan publik menerima gaji sesuai posisi

5. Pekerjaan sekaligus merupakan jenjang karir

6. Para pejabat/pekerja tidak memiliki sendiri kantor mereka

7. Setiap pekerja dikontrol dan harus disiplin

8. Promosi yang ada didasarkan penilaian atasan

Hal-hal tersebut diatas merupakan prinsip dasar dan karakteristik yang ideal dari suatu Birokrasi. Apa yang telah dikemukakan oleh Max Waber tentang 8 karakteristik Birokrasi yang ideal itu adalah pelopor dari munculnya karakter-karakter yang lain dari Birokrasi itu sendiri, salah satu contohnya 11 karakteristik Birokrasi yang efektif dan efisien diatas merupakan pengembangan dari 8 karakteristik yang disampaikan oleh Max Waber. Tidak menutup kemungkinan akan ada banyak karakteristik yang akan menyempurnakan 8 karakteristik dari Max Waber tersebut, tentunya itu akan sejalan dengan perubahan jaman dan kebutuhannya. 

Yah, karakteristik tersebut idealnya memang harus dimiliki oleh para Birokrat agar tugas-tugas administrasi yang besar dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien sehingga tujuan organisasi dapat tercapai sesuai yang direncanakan. Dengan demikian pendapat kebanyakan orang tentang Birokrasi yang cenderung negatif dapat diluruskan dan tentunya dipahami serta dimengerti juga dijalankan sesuai aturan dan prosedur yang berlaku tentunya..OKLAY.


0 komentar:

Posting Komentar